RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN [RPP] TEMATIK
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Purbasari
Kelas : III/2
Tema : Peristiwa
Mata Pelajaran : Tematik { IPA,Bahasa Indonesia,Matematika]
Alokasi waktu : 1 x 3
A. STANDAR KOMPETENSI
IPA
. Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber
Bahasa Indonesia
Menguangkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
. Matematika
. Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
B. KOPETENSI DASAR
IPA
Mendiskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
Bahasa idonesia
Memberikan tanggapan sederhana tentang pengalaman teman yang disiplin dengaranya
Matematika
Memahami pecahan sederhana dan penggunaanya dalam pemecahan masalah
C. INDIKATOR
Kognitif
-Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh benda bergerak
-siswa dapat menjelaskan contoh-contoc benda bergerak cepat dan benda bergerak lambat
Afektif
-Siswa dapat menjelaskan sebab-sebab benda bergerak
-siswa dapat menuliskan lambang bilangan ½ dan1/4
Psikomotor
-siswa dapat menceritakan keguanaan benda-benda yang bergerak
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.Melalui ceramah bervarias siswa dapat menyebutkan 5 contoh benda begerak
2.Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan contoh-contoh benda bergerak cepat
Dan benda bergerak lambat.
3.Melalui kerja kelompok siswa dapat menjelaskan sebab-sebab benda begerak.
4.Melalui tanya jawab siswa dapat menuliskan lambang bilangan pecahan ½ dan ¼
5.Melalui diskusi kelas siswa dapat menceritakan kembali contoh-contoh benda bergerak
E. MATERI PEMBELAJARAN
Gerak merupakan salah stu ciri makhluk hidup.
Benda tak hidupun dapat bergerak jika ada yang menggerakannya.
Contoh ;anak belari,burung terbang,pesawat terbang .Bola menggeliding karana
ditendang .Gelas jatuh dari meja hingga pecah menjadi ½ bahkan sampai menja
¼ bagian.Benda-benda bergerak banyak kegunaanya bagi manusia,contoh pesawat
Dapat sebagai alat taransportasi,air untuk pembangkit tenaga listrik,angin dan masih banyak lainnya. [Materi telampir]
F. PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan ; Tematik
Metode ;Ceramah,Tanya jawab,dan diskusi
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.Kegiatan awal [ 5 Menit]
a.Apersepsi
Guru bertanya jawab tentang kebersihan badan dan lingkungan kelas
b.Orentasi
Guru menyampaikan tujuan pembeajaran
2.Kegiatan Inti [25 Menit]
a.Eksplorasi
1.Siswa menyimak penjelasan guru tentang cotoh-contoh benda-benda bergerak
2.Siswa bertaya jawab tentang benda yang bergerak cepat dan benda begerak
Lambat.
b.Elaborasi
1.Siswa membentuk kelompok mengerjakan lembar tugas guru dengan tertib.
2.Siwa memaparkan hasil diskusi di depan kelas
c.Konfirmasi
1.Siswa meceritakan kembali kegunaan benda-benda bergerak bagi kehidupan
Sehari-hari
3.Kegiatan akhir [5 Menit]
a.Merangkum dan meringkas materi
b.Menilai dan komentar
c.Memberikan refleksi
H. PENILAIAN
Prosedur tes
-Tes awal ;lisan -Tes dalam proses;kerja sama dalam kelompok
-Tes Akhir;Tertulis
I. SUMBER BELAJAR DAN MEDIA
Sumber ;Buku IPA kelas 3 BSE,Penerbir Pusat Perbukuan,karangan Priyono dkk,
Tahun 2008.
SILABUS BSNP,Departemen Pendidikan Nasional.
Media ; Peraga 2 dimensi berupa gambar benda-benda bergerak
Peraga 3 dimensi beropa bola.
Surakarta,11 Oktober2011
Mengetahui Peserta PLPG
Insrtuktur
SUYATNO.S.Pd.SD
----------------------- NO:11030302710389
Tidak ada komentar:
Posting Komentar